web counter
Home Program Kerja PPMI Kota Malang 2018-2019

Program Kerja PPMI Kota Malang 2018-2019

RENCANA POLA KERJA PPMI KOTA MALANG

Salam Pers Mahasiswa!

Roda pergerakan Pers Mahasiswa (Persma) terus bergulir. Perkembangan jaman kian cepat dan masif, termasuk perkembangan dari Persma. Sepanjang jalan, terdapat banyak tantangan yang bermunculan. Mulai tantangan yang muncul dari luar Persma itu sendiri, seperti ketika melakukan kerja jurnalistik, berupa intimidasi, pelarangan liputan, sensor, pembekuan, pengancaman, DO, hingga kriminalisasi. Masih lekat di ingatan kawan-kawan Persma Malang akan permasalahan salah satu LPM di UB yang mendapatkan represifitas dari pihak Rektorat di tahun 2016 lalu. Ada lagi baru-baru ini yang terjadi di LPM Surabaya yang mendapat intimidasi dari pihak kampus dan LPM di Medan yang dikriminalisasi.

Namun tantangan ber-Persma tidak hanya berasal dari pihak luar semata, organisasi yang berperan sebagai kontrol sosial sekaligus wadah pengembangan diri, Persma juga menghadapi tantangan dari dalam tubuh persma itu sendiri. Tantangan itu bisa berupa vakumnya LPM, anggota yang timbul-tenggelam, terputusnya regenerasi, pemahaman akan jurnalistik, inkonsistensi media dan sebagainya.

Dari sekian banyak tantangan yang terlihat tak ada habisnya itu, maka Pengurus PPMI Kota Malang Periode 2017-2018 menawarkan 3 konsep kunci, yakni: Modernisasi, Tranparansi, dan Kolaborasi. Modernisasi di sini berarti melakukan transformasi untuk beradaptasi dengan perkembangan jaman, di ranah jurnalistik. Transparansi ialah baik dari pihak pengurus PPMI dan LPM sama-sama membuka diri akan permasalahan. Kolaborasi artinya terdapat saling peduli dan melakukan kerja-kerja bersama lintas divisi maupun LPM.

Gambaran yang mungkin mengilustrasikan hal ini sebagai berikut:

Untuk permasalahan dari luar tubuh Persma, gambaran umum tentang apa-apa yang akan dilakukan ketika LPM mendapatkan masalah pun akan merujuk pada buku pedoman teknis advokasi yang telah disusun oleh kepengurusan sebelumnya. Sementara dari tubuh Persma, seperti untuk memajukan media dan keorganisasian, diupayakan lewat forum-forum yang melibatkan keaktifan LPM seperti forum pimred dan litbang.

Harapan dari konsep ini adalah terciptanya LPM yang memiliki rasa kekeluargaan dan saling memiliki wadah berjejaring ini. LPM yang memiliki kemampuan untuk membantu LPM lain. Konsep ini mengedepankan pola kerja yang baik dari pihak pengurus PPMI maupun LPM sama-sama berperan aktif dalam berkegiatan bersama. Hal ini semata-mata untuk menjalankan peran Persma sesungguhnya.