web counter
Home Program Kerja BP Media PPMI Kota Malang 2018-2019

Program Kerja BP Media PPMI Kota Malang 2018-2019

 

NO. PROGRAM KERJA DESKRIPSI TUJUAN  

METODE PELAKSANAAN

 

TARGET WAKTU PENANGGUNG JAWAB KETERANGAN
1. Pengelolaan dan pengembangan website PPMI Kota Malang. Website persmangalam.com  ini diharapkan menjadi portal bersama (media agregasi) yang disinergiskan dengan media online LPM, sebagai penyalur hasil diskusi rutin PPMI, informasi agenda acara LPM, dan sarana pengembangan wacana bersama.

Pewarisan website pada kepengurus sebelumnya, sudah menjadi kewajiban pengurus selanjutnya untuk dikelola dan dikembangkan. Pengelolaan dan pengembangan dilakukan dengan menekankan bahwa website PPMI Kota Malang bukan menjadi media tandingan bagi LPM.

Tujuan diadakannya program kerja ini yaitu agar website PPMI Kota Malang sebagai portal penyampaian informasi terkait agenda PPMI Kota Malang, dan wadah LPM untuk mem-viralkan beritanya melalui sindikasi, serta membantu mempublishkan karya dari mahasiswa pegiat pers maupun non pers dalam rubrik diskusi. Perpanjangan atau digantikan kontrak website harus dilakukan selambat-lambatnya dua minggu sebelum masa kontrak berakhir. Divisi Media sudah melakukan survei penyedia jasa website yang terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan.

 

Dari segi pengelolaan konten, konten yang akan ditampilkan nantinya, diutamakan berkenaan dengan agenda pers mahasiswa, berita dan produk yang dilink dengan website setiap LPM (sindikasi), serta diskusi.

 

Pengupayaan penambahan sindikasi tiap LPM terus dilakukan dengan mencari informasi data RSS tiap website LPM. Harapannya semua LPM yang memiliki media online dapat terintegrasi di website persmangalam.com

 

Penentuan jadwal pengeposan sindikasi dan pemeliharaan website agar dapat dimanajemen dengan baik. Hal ini juga dapat menghindari pengeposan sindikasi yang berlebihan.

1.       Diperpanjang atau digantikan kontrak website ke penyedia jasa agar website persmangalam.com tetap eksis minimal satu tahun kedepan (November 2019).

2.       Pendataan pengunjung website persmangalam.com pada awal, tengah, dan akhir kepengurusan.

3.       Hadirnya database untuk buku-buku persma dan produk-produk LPM yang dilink dengan website LPM.

Satu periode kepengurusan Ditsa (LPM basic) Divisi Media tidak dapat menentukan target riil opini yang masuk di website persmangalam.com, namun penghimpunan opini-opini mahasiswa akan diupayakan lewat publikasi poster, arisan opini, dan lain-lain.

 

Divisi Media PPMI  berupaya mencari editor untuk tulisan yang masuk ke website persmangalam.com.

 

Divisi Media PPMI diharapkan men-share jadwal sindikasi melalui Forum Pimpinan Redaksi agar ketika LPM yang bersangkutan menerbitkan berita baru dapat segera  ter-publish.

 

2. Pengelolaan dan pengoptimalan  media sosial PPMI Kota Malang. Sebagai sarana penunjang, divisi media juga akan mengelola media sosial, seperti Facebook Fans Page (ppmimalang), Twitter (@ppmimalang), Instagram (@ppmimalang), dan Official Account Line. Media sosial ini diharapkan guna membantu publikasi acara PPMI dan LPM serta sebagai sarana saling kenal antar LPM.

Media sosial PPMI Kota Malang akan terus konsisten dengan pengeposan foto-foto yang berhubungan dengan pers mahasiswa, publikasi acara setiap LPM, agenda PPMI, dan hasil diskusi. Pengoptimalan media sosial juga dilakukan dengan memperkaya konten lain seperti pengeposan ucapan hari besar nasional maupun keagamaan dan iklan program kewirausahaan PPMI Kota Malang.

Tujuan diadakannya program kerja ini yaitu agar media sosial PPMI Kota Malang dapat dijadikan wadah bagi LPM untuk berbagi informasi terkait agenda LPM maupun PPMI Kota Malang, dan sebagai media promosi produk LPM/PPMI Kota Malang (apabila ada) Pengeposan desain kreatif ucapan hari besar di seluruh media sosial PPMI sebagai upaya branding PPMI ke pengguna media sosial. Serta, pengeposan tersebut bersamaan dengan caption yang informatif dan edukatif.

 

Pengeposan acara LPM di instagram menggunakan aplikasi repost. Hal ini dilakukan selain membuat viral, juga memberikan kredit untuk media sosial tiap LPM.

 

Mengupayakan hadir di agenda PPMI dan LPM dengan output sebuah live tweet dan instagram story.

 

1.       Pendataan follower dan data lain terkait media sosial PPMI Kota Malang di awal, di tengah, dan di akhir kepengurusan

2.       Pengeposan acara PPMI dan LPM (bersifat kondisional)

3.       Pengeposan agenda, isu, dan hasil diskusi (bersifat kondisional)

4.       Pengeposan setiap ucapan hari besar (bersifat kondisional)

5.       Penambahan konten infografis pada media sosial (bersifat kondisional)

Satu periode kepengurusan Salsa (LPM Dians) dan Khalid (LPM Kompen) Divisi Media terus merekomendasikan kepada tiap LPM untuk menyertakan logo PPMI di setiap agenda yang diadakan LPM. Hal ini bertujuan untuk branding PPMI kepada masyarakat.
3. Pendampingan dalam pengembangan visualisasi media dalam bentuk infografis Penggunaan infografis sebagai sarana penunjang visualisasi suatu media era ini sudah sangat banyak ditemui. Sebagai contoh media atau portal berita yang menggunakan infografis sebagai pemikat warga net/pembaca yaitu tirto.id dan era.id.

Oleh karena itu, divisi media ingin mengadakan adanya pelatihan dan pendampingan intensif (jika diperlukan) terkait cara pembuatan infografis yang  menarik.

 

 

Tujuan diadakannya program kerja ini yaitu agar dapat membantu LPM dalam mengembangkan visualisasi media mereka dalam bentuk infografis. 1.       Mengagendakan adanya kelas dalam  bentuk  pelatihan dan diskusi santai.

 

2.       Mendata LPM yang membutuhkan pendampingan secara intensif.

 

3.       Mengagendakan adanya  pendampingan secara intesif (antara LPM dan divisi media) apabila diperlukan.

1.       Dapat telaksananya pelatihan dan diskusi ringan terkait pengembangan media  dari segi visualisasi pasca riset. Kondisional

 

Hiz (LPM API) dan Andes (LPM FJS) Divisi Media PPMI akan melakukan riset dengan menggunakan  Google Form yang nantinya akan di share  di grup Forum Pimpinan Umum (PU) dan di-follow up lagi  melalui grup Forum Pimpinan Redaksi (Pimred)

 

Divisi Media PPMI juga  berupaya untuk memberikan pelatihan terkait teknik dasar membuat design infografis.