web counter
Home Tentang persmangalam.com

Tentang persmangalam.com

Bermodal keinginan memajukan dan meningkatkan tingkat keterbacaan media online lembaga pers mahasiswa (LPM), muncullah inisiatif pembuatan situs berbasis sindikasi kota Malang pada tahun 2014. Diawali dengan perdebatan efektifitas dan rasa pesimis, media ini lahir sebagai media bersama yang mengakomodir media LPM. Sebagai pengganti media bulletin merah putih yang dirasa sudah tak bisa lagi mengikuti arus informasi yang serba cepat, tiap tulisan LPM yang disindikasi akan langsung merujuk pada situs LPM. Sistem sindikasi dirasa cocok menjaga batas PPMI agar tidak malah dianggap sebagai LPM baru.

Bercermin dari perjalanan persma.org sebagai website yang dibangun oleh BP Nasional PPMI 2014-2016, tentu butuh banyak perbaikan yang harus terus dilakukan dan dievaluasi oleh Divisi Media Kota Malang sebagai penanggung jawab persmangalam.com. Momok konsistensi bermedia tentu jadi tanggung jawab bersama insan persma Malang bersamaan dengan terus melekatnya identitas sebagai pers mahasiswa.

Persmangalam.com memberi ruang bagi pegiat pers mahasiswa (persma) Kota Malang untuk berdiskusi soal wacana jurnalisme, dialektika persma, epistemologi PPMI sebagai wadah menggalang kekuatan, dinamika isu kota dan nasional. Atas dasar tuntutan kebutuhan semua awak persma untuk berdiskusi, merawat jaringan, mendistribusi informasi—dalam satu basis data dalam jaringan (daring), Persmangalam.com lahir sebagai usaha untuk memenuhi kebutuhan itu.

Media ini akan terus disesuaikan, dan dikembangkan sesuai kebutuhan semua elemen pers mahasiswa, dan tentunya publik.

Media PPMI Kota Malang yang akhirnya diberi nama Persmangalam.com terdiri dari dua nama yaitu, “persma” dan “ngalam”. Nama “persma” pada alamat situs dipakai agar tak terjadi ekslusifitas nama PPMI di kalangan pegiat pers mahasiswa di Indonesia. Mengingat, ada beberapa pegiat pers mahasiswa di beragam kota yang belum menjadi anggota PPMI. Sementara nama “ngalam” pada alamat situs merupakan kebalikan dari kata “Malang” yang menunjukan identitas (kota asal) dari PPMI Kota Malang.

Persmangalam.com lahir atas kebutuhan seluruh awak pers mahasiswa yang terbatas jarak, waktu, dan tempat untuk bertemu dan saling berinteraksi. Akhirnya ada empat ruang yang diharapkan bisa jadi benang merah untuk mengatasi segala keterbatasan itu. Di antaranya: Ruang Pengawalan Isu, Ruang Diskusi, Sindikasi Berita Pers Mahasiwa, Pusat Sirkulasi Data PPMI.