Modul Pengelolaan dan Pengembangan Berbasis WordPress

Book Cover: Modul Pengelolaan dan Pengembangan Berbasis WordPress

Setiap orang membutuhkan informasi dalam hidupnya, karena dengan informasi seseorang dapat mengetahui segala sesuatu yang terjadi di dunia ini. Selain itu informasi juga bermanfaat dalam mengambil keputusan, baik untuk saat ini maupun masa yang akan datang. Untuk mendapatkan informasi tersebut maka masyarakat membutuhkan media massa seperti surat kabar, televisi, radio, dan media online yang tentunya menyajikan informasi yang dibutuhkan tersebut.

Semenjak awal kemunculannya, jurnalisme tidak bisa dipisahkan dari teknologi, mulai dari media cetak dan jurnalisme yang hadir seiring dengan ditemukannya mesin cetak. Setelah itu, teknologi semakin berkembang dengan hadirnya media penyiaran setelah ditemukannya radio dan televisi. Dewasa ini, wajah jurnalisme diwarnai dengan munculnya teknologi baru, yaitu internet.  Seiring dengan kemajuan zaman yang pesat, penggunaan internet atau media online sebagai sarana memperoleh informasi di kalangan masyarakat umum semakin meluas.

Hal ini dikarenakan media online memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan media cetak, yaitu sangat cepat dalam menyajikan berita atau informasi, praktis dan fleksibel karena dapat diakses dari mana saja dan kapan saja kita mau. Jika dibandingkan dengan biaya produksi media cetak, media online jauh lebih efisien. Banyak pula penyedia jasa website yang menawarkan harga murah, sehingga banyak media online menjamur hingga sekarang.

Namun dengan maraknya media online yang ada, pers mahasiswa di Malang masih terhambat untuk mengelola dan mengembangkan website LPM-nya. Hal ini disebabkan pers mahasiswa kesulitan modal untuk mengelola dan mengembangkan hal tersebut. Banyak lembaga pers mahasiswa kesulitan mendalami website dikarenakan bukan dari bidang keilmuannya. Dinamika sumber daya manusia di organisasi yang cepat juga menjadi faktor penghambat, setiap kepengurusan yang baru harus mendalami kembali pengetahuan tentang website dan pola tersebut diulang setiap tahunnya. Berbeda halnya dengan media mainstream yang menggunakan sumber daya manusia profesional.

Oleh karena itu, dengan diterbitkan “Modul Pengelolaan dan Pengembangan website Berbasis WordPress” diharapkan dapat membantu pers mahasiswa di Malang dalam mengelola dan mengembangkan websitenya. Semuanya pengetahuan dasar WordPress akan dibahas lengkap, dari metode, tips, hingga data-data pendukung lainnya.

Selamat Mencoba!

Divisi Media PPMI Kota Malang

Publisher: PPMI Kota Malang
Next Post

Tinggalkan Balasan