UKPM Civitas

LPM Civitas

UKPM Civitas merupakan unit kegiatan pers mahasiswa satu-satunya yang ada di lingkungan Universitas Merdeka Malang. Pada tanggal 18 Juli 1985 UKPM Civitas terbentuk. Dahulu UKPM Civitas merupakan lembaga pers kampus yang berada di bawah naungan langsung birokrasi kampus, namun pada tahun 1991 akhirnya UKPM Civitas melepaskan diri sehingga menjadi pers mahasiswa seutuhnya.

UKPM Civitas didirikan dengan tujuan untuk menyalurkan aspirasi mahasiswa dan sebagai daya kontrol berbagai elemen pihak yang bernaung di Universitas Merdeka Malang. Juga sebagai media yang digunakan sebagai sumber informasi sehingga mahasiswa tidak hanya tahu perkembangan fakultasnya saja namun juga kampusnya.

Sebenarnya ‘Civitas’ berasal dari istilah civitas akademika, yaitu suatu kesatuan atau suatu kelompok bisa disebut juga keluarga. Sedangkan akademika adalah akademis pendidikan, jadi artinya adalah suatu kelompok yang memiliki kesatuan pandangan.

UKPM Civitas menerbitkan 3 jenis media pokok, yaitu majalah Civitas (terbit 1 tahun sekali); majalah Civitas ini memiliki lingkup nasional yaitu didistribusikan kepada seluruh lembaga pers mahasiswa se-Indonesia. Kedua adalah Tabloid Terusan Dieng (terbit 6 bulan sekali); tabloid ini memeiliki lingkup regional, yaitu didistribusikan kepada lembaga pers mahasiswa se-Jawa Timur. Dan kemudian Bulletin Warta Basement (terbit 1 bulan sekali); buletin ini didistribusikan kepada seluruh civitas akademika Universitas Merdeka Malang.

Dapat dilihat dari pendistribusian media, kami memiliki koneksi yang cukup banyak. Sehingga memudahkan para kader maupun alumni kami untuk memasuki lapangan kerja. Bahkan di era yang membutuhkan daya kreatifitas dan kekritisan ini, UKPM memberikan kesempatan kepada anggotanya untuk langsung menerjunkan diri tidak hanya dalam bidang jurnalistik saja,  namun juga sebagai editor, layouter, marketing, dan tim HRD, sehingga ketika sudah terjun di dunia kerja, tidak akan merasa kikuk.

Produk Jurnalistik

Buletin             : Warta Basement

Koran Tempel  :

Majalah           : Civitas

Sosial Media

Email               :

Facebook         : UKPM Civitas

Instagram        : @lpmcivitasunmer

Line                 : @psn0124j

Twitter             : @lpmcivitas

Web                 : UKPM Civitas

Discussion about this page