LPM Mimesis

LPM Mimesis

LPM MIMESIS merupakan salah satu lembaga pers mahasiswa di Universitas Brawijaya, tepatnya berada dibawah naungan Fakultas Ilmu Budaya. LPM MIMESIS bisa dikategorikan sebagai salah satu unit kegiatan mahasiswa fakutas ilmu budaya yang usianya lumayan tua. Berdirinya LPM MIMESIS berdasarkan inisiatif mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra (sebelum berubah menjadi Fakultas Ilmu Budaya pada tahun 2009), tepatnya pada tanggal 9 september 2004. Status LPM MIMESIS adalah Lembaga Semi otonom ( LSO) dalam struktur Badan Eksekutif Mahasiswa, tetapi LPM MIMESIS disini bersifat independen dan tidak ada kontrol dari lembaga manapun. Nama LPM MIMESIS bagi kebanyakan orang memang terdengar asing. Notabene, nama MIMESIS ini diambil dari istilah yang pernah dikemukakan oleh Aristoteles yang berarti meniru, atau dalam teori sastra termasuk dalam pendekatan kajian sastra yaitu pendekatan mimetik atau mimesis yang berarti menulis sesuai dengan kenyataan. Meniru : representasi atau refleksi dari apa yang terjadi. Peniruan hal-hal baik untuk selanjutnya bisa memberikan manfaat bagi kepentingan umum.

Lembaga pers mahasiswa MIMESIS mempunyai tugas sebagai media informasi, media kontrol, serta media aspirasi mahasiswa. Pertama LPM MIMESIS sebagai media informasi, sudah menjadi kewajiban sebuah lembaga jurnalistik untuk menyampaikan informasi secara berkala, baik itu informasi mengenai kehidupan mahasiswa intra kampus dan kondisi fakultas serta universitas yang dirasa bermanfaat untuk khalayak umum. Kedua sebagai media kontrol yaitu, mengkritisi setiap kebijakan yang dibuat oleh orang-orang dekanat, badan eksekutif mahasiswa, serta dewan perwakilan mahasiswa. Setiap kebijakan yang dianggap hanya menguntungkan salah satu pihak atau bersifat mengintimidasi menjadi tugas lembaga pers untuk menyampaikan ke publik melalui tulisannya. Ketiga sebagai media aspirasi mahasiswa yaitu, seorang mahasiswa yang ingin menyampaikan aspirasinya mengenai permasalahan akademik maupun kemahasiswaan ataupun yang lain, bisa disampaikan kepada pimpinan umum atau redaksi yang nanti dimuat dalam media yang diterbitkan secara berkala oleh LPM MIMESIS.

Ranah kerja LPM MIMESIS tidak dibatasi dalam fakultas maupun univesitas. Pencarian berita dan semacamnya bisa dilakukan langsung di masyarakat dengan mematuhi aturan-aturan yang dibuat oleh LPM MIMESIS. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan setiap tahunnya berupa penerbitan (Koran dinding, Buletin, Majalah), sekolah jurnalistik, penerimaan anggota baru di akhir kepengurusan serta mengikuti lomba jika sumber daya manusianya memenuhi kriteria. Program kerja terbesar dari LPM MIMESIS ialah penerbitan majalah “Telik Sandi” di akhir kepengurusan. Selain itu, LPM MIMESIS juga menjadi bagian dari Dewan Pers Kampus (DPK) yang mempunyai tugas untuk menaungi dan membentuk undang-undang lembaga pers yang ada di Universitas Brawijaya. Sedangkan untuk di luar kampus, LPM MIMESIS juga berafiliasi dengan Perhimpunan Per Mahasiswa Indonesia Dewan Kota Malang (PPMI DK Malang). Dua orang anggota dari LPM MIMESIS di delegasikan menjadi pengurus dalam dua organisasi yang disebutkan sebelumnya (read: DPK dan PPMI).

Produk Jurnalistik

Buletin             : SOROT

Koran Tempel  : Koran Dinding FIB

Majalah           : Telik Sandi

Sosial Media

Facebook         : LPM MIMESIS

Instagram        : LPM MIMESIS

Line                 : LPM MIMESIS

Twitter             : @LPM_mimesis

Discussion about this page