Diskusi Rutin #4: Diskursus Publik Di Antara Media Mainstream dan Media Alternatif

[DISKUSI PERSMA]

“Meneguhkan Posisi Publik: Diskursus Publik di Antara Media Mainstream dan Media Alternatif” “ _Carut-marut globalisasi dan hiruk-pikuk metropolis sering menyeret kita menjadi nomad pemuja tubuh, petarung kapital, atau penjilat kekuasaan. Jati diri terlupa dan hidup menjadi banal, tanpa makna_ .” F. Budi Hardiman.

Semakin banyaknya pengguna Internet berbanding lurus dengan pengakses media online. Tidak hanya media umum, dewasa ini pula, media Pers Mahasiswa turut berkembang. Media-media berbasis daring bermunculan ditengah-tengah rutinitas cetak yang masih dijalankan. Hal ini menjadi harapan bagi kawan-kawan Pers Mahasiswa. Dengan fokus bergerak di ranah online, ongkos cetak yang mahal bisa dipangkas. Hal ini juga membuka ruang bagi publik yang lebih luas untuk bisa mengakses, tidak hanya di lingkup kampus. Dan yang paling penting adalah, gagasan-gagasan dari Pers Mahasiswa lebih bisa disebarluaskan, sehingga konten yang disajikan semakin diuji dan harus dipertanggungjawabkan.

Sementara itu, pada diskusi 27 Januari lalu di Sidoarjo, Gus Fayyadl menyatakan bahwa Pers Mahasiswa bukan bagian dari media alternatif, tapi merupakan media perlawanan. Pers Mahasiswa tidak dikelola dengan logika industri seperti halnya media mainstream maupun media alternatif. Gus Fayyadl melihat Pers Mahasiswa berada di posisi media tanding. Media tanding berarti bukan lagi sebagai alternatif pilihan, tapi merupakan tandingan dari media korporat. Pers Mahasiswa tidak hanya mengkalibrasi dari wacana, memberi warna pada wacana, tapi mengubah warna itu sendiri, pers mahasiswa berpotensi membalut arus dari media utama itu sendiri.

Ramaikan, diskusi terbuka kali ini dengan pembicara:

 

  • Zen RS (tirto.id)
  • Abdul Wahid (Center for Critical Society on Media (Calism))
  • Faizal Ad Daraquthny (Sekjend PPMI Kota Malang)

Moderator: M. Luqman Fransnudin

Waktu : Selasa, 13 Februari 2018 pukul 18.30 – selesai

Tempat : Omah Diksi, Kompleks Pondok Harapan Indah (Poharin) Blok H 180

Sampai jumpa. Salam!!!

Total
0
Shares

Tinggalkan Balasan