Potensi Pengembangan Budidaya Kopi Liberika

Kopi Liberika Atau Coffea Liberica W. Bull Ex. Hiern adalah Tanaman Kopi endimik dari Afrika tepatnya berasal dari Liberia.
Potensi Pengembangan Budidaya Kopi Liberika

Awalnya tanaman kopi ini di kelompokan dengan golongan kelompok kopi robusta akan tetapi pengelompokan baru menyatakan sebagai spesies sendiri dengan nama Coffee Libecika.karena secara morfologi dan sifat – sifat lainnya berbeda dengan kopi robusta. Ukuran kopi ini yaitu dengan bentuk biji membulat oval dan memiliki ukuran lebih besar di bangdingkan kopi arbika dan robusta.

Kopi ini memiliki potensi ekonomi yang tinggi. Sebabnya produk kopi ini mulai banyak disukai oleh konsumen karena keunikan dan cita rasa yang khas akan pahit dan kental, serta aroma nangka  yang unik dan menyengat membuat kopi ini memiliki rasa smoky, nutty, dan sedikit ada rasa coklat.

PONTENSI KOPI LIBERIKA

Pertumbuhan kopi ini cocok di daerah tropis dataran rendah dengan ketinggian 400 – 600 meter dari permukaan laut.namun masih dapat berbuah hingga ketinggian 1200 meter. Suhu ideal pertumbuhannya ada pada kisaran 27 – 30 ºC dengan curah hujan 1500 – 2500 mm pertahun. Kopi ini dikenal sebagai kopi khas gambut karena kemampuan untuk bisa beradaptasi dengan baik ditanah gambut (Halupi,2014).

Keunggulan Kopi ini tahan terhadapap hama dan karat daun serta dapat di budidayakan pada dataran rendah dan bisa di tanam pada lahan marginal seprti lahan gambut (Gusfarina,2014).

Adapun Pasaran kopi liberika sangatlah potensial.Malaysia adalah sslah satu tempat pengkonsumsi kopi jenis ini yang terbesar di dunia. Kebun kopi jenis liberika di Malaysia mencapai 80% dari total area perkebunan yang ada di sana hanya daerah Selangor, Melaka, dan Sabah.Untuk memenuhi kebutuhan yang di butuhkan kopi liberika di sana cenderung besar,Sehingga Malaysia mengimpor kopi liberika dari Indonesia salah satunya pada dearah jambi.

Selain Malaysia Filipina termasuk pengkonsumsi kopi liberika mencapai 25 % dari total kebun di sana. Potensi Kopi liberika sangatlah besar maka perkembangan kopi ini sangat lah baik untuk di budidayakan karena jika kopi ini dapat di kembangkan bisa menjadikan kopi ini sebagai komoditas ekspor yang unggul,serta dapat meningkatkan ekonomi masyarkat.

SISTEM PEMBUDIDAYAAN KOPI LIBERIKA

Pemilihan Bibit

Bibit kopi Liberika sebaiknya memiliki tinggi minimal 70cm supaya tidak terlalu tenggalam saat di tanam Hal yang  perlu di perhatikan dalam pemilihan bibit kopi liberika bibit kopi yang berkulitas baik biasanya berasal dari indukan yang tersertifikasi atau indukan yang berkualitas baik.

Persiapan Lahan

Hal pertama yang di lakukan dalam persiapan lahan membuat saluran pengairan.Langkah kedua memuat lubang tanam dengan ukuran 40x40x30 cm dengan jarak antara lubang sekitar 3x 3 m.

Penanaman

Bibit kopi ini biasanya di tanam Ketika memasuki musim hujan.untuk meghindari akar bengkok pada bibit bisa di lakukan pemotongan bagian pada pangkal polybag dengan ketebalan sekitar 1,5 cm.

Setelah memasuki satu bulan pasca penanaman,perlu di lakukan penyulaman.dengan mengganti tanaman yang rusak ataupun mati.

Perawaatan/Pemeliharaan

Ketika batang kopi berusia 3-4 tahun perlu di lakukan pemangkasan bagian ujung batang.Selain perlu di lakukannya penyiangan gulma setiap 1-3 bulan serta membersih parit.

Panen

Kopi liberika akan siap dipanen ketika berumur 2,5–3 tahun.Proses pemanenan dpat di lakukan secara munual mengunakan tangan atau di petik.proses pemetikan  dapat di lakukan 2 minggu sekali pada pohon yang sama. Setelah panen, pohon kopi dipangkas dan dibuang cabang-cabang tuanya dan disesuaikan kembali tingginya ke posisi 1,5–2 meter.

Penulis : Deitra Alifia Caesar Kairunnisah -  LPM FJS
Total
0
Shares

Tinggalkan Balasan